MEDIA KONVENSIONAL DAN NEW MEDIA
DALAM MENYOKONG PERKEMBANGAN UMAT
Oleh: SYAMSURIYANTO
Media Konvensional adalah media yang terdiri dari televisi, radio, surat kabar (koran) dan
lain-lain. Sebagian orang berpendapat bahwa
saat ini media konvensional tersebut sudah menjadi traditional media, karena media digital (new media) sudah
mulai mempengaruhi gaya hidup manusia di Era informasi seperti saat ini. Namun, kita harus mengetahui bahwa media
konvensional banyak memberikan manfaat, peranan dan pengaruhnya bagi
perkembangan dan kemajuan masyarakat, terutama untuk kepentingan dakwah.
Media massa seperti surat kabar, televisi, radio, film, teater,
majalah dan sebagainya. Oleh para da`i harus dimanfaatkan seefektif mungkin,
sebab bila tidak, media tersebut akan cenderung berupa alat sekularistis yang
akan mendangkalkan penghayatan keagamaan umat Islam. Karena media konvensional tersebut juga masih
eksis dalam menyebarkan nuansa keislaman dan menyokong kemajuan dalam masyarakat.
Dalam pembahasan mengenai media konvensional sebagai penyokong kemajuan dan
perkembangan umat, saya akan menjelaskan tentang contoh media konvensional
seperti radio, televisi dan surat kabar. Selain itu masih banyak contoh dari
media konvensional.
Radio adalah media auditif, perangkat auditif radio dalam
dakwah digunakan sebagai sarana penunjang kegiatan dakwah yang dapat ditangkap
dengan indra pendengaran oleh mad’u/pendengar. Radio adalah media yang
mampu menyentuh semua level dalam masyarakat, dari masyarakat level bawah,
level menengah hingga masyarakat level atas. Dari kalangan awam hingga kalangan
akademisi/cendekiawan/intelektual, dari masyarakat pelosok yang tidak baca- tulis
hingga masyarakat perkotaan yang mayoritas bisa baca- tulis. Hal itu disebabkan
oleh harganya yang relatif terjangkau, sehingga memungkinkan masyarakat level
bawah mampu membelinya. Radio juga dapat dibawa ke mana- mana disebabkan oleh
barangnya yang kecil. Bahkan sekarang sudah ada radio dalam Hanphone, laptop
dan lain- lain. Radio juga dapat dijadikan sahabat, karena sifatnya yang dapat
menemani pendengarnya dengan segala macam bentuk aktivitas. Dan yang terpenting
adalah masyarakat sangat mudah memahami dakwah lewat radio, karena masyarakat
tinggal menyimak dan mendengarkan informasi yang disampaikan tanpa harus
membaca. Karena membaca memberikan kesulitan untuk mendapatkan informasi
terutama bagi masyarakat awam dan masyarakat lanjut usia.
Radio adalah salah satu media konvensional
yang mempunyai peranan dalam menyokong perkembangan umat, hal itu disebabkan
karena radio mempunyai efisiensi dan efektivitas dalam menyampaikan pesan-pesan
dakwah. Di antara peranan yang efektif
dan efisien pada radio adalah sebagai berikut. Pertama, daya langsung, karena
informasi yang disampaikan kepada pendengar dapat disiarkan dan didengarkan
secara langsung oleh pendengar.
Kedua, daya tembus, dakwah dan menyokong
perkembangan umat melalui radio tidak mengenal jarak dan waktu, setiap
informasi yang disampaikan dapat disiarkan dan disebar dengan baik. Ketiga,
daya tarik, radio mempunyai sifat yang serba hidup berkat tiga unsur yang
melekat padanya sehingga meningkatkan interest masyarakat. Tiga unsur tersebut yaitu : musik (music), kata-kata (spoken
word) dan efek suara (sound effect). Keempat, daya inti dan pengaruh, maksudnya
penyiar radio, da’i atau penghibur seakan-akan berada di tengah-tengah
pendengar, sehingga terjadi sapaan, canda, uraian tentang topik yang dibahas
dan petunjuk-petunjuk tentang moment-moment tertentu. Sehingga disebabkan oleh interaksi itulah,
radio mampu memberikan pengaruh kepada pendengar/mad’u.
Dalam bidang dakwah misalnya, banyak radio
dimanfaatkan untuk kepentingan dakwah, salah satunya adalah Radio Suara Al
Akbar Surabaya (Radio SAS) yang mempunyai visi sebagai media pengembangan
syiar, pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya menuju masyarakat yang berakhlaq
karimah dengan mengedepankan aspek informasi yang menyejukkan dan memberi nilai
demi perbaikan umat. Radio SAS juga memiliki visi yaitu Pengembangan
dakwah dan syiar Islam, pendidikan, sosial
budaya serta ekonomi dan bisnis. Di antara program sinaran Radio SAS antara
lain Murotal AL
Quran Pagi, Syair dan Syiar, Keluarga
Sakinah dan lain-lain.
Sedangkan radio nasional yang dapat memberikan
perubahan dan kemajuan di Indonesia adalah Radio Republik Indonesia (RRI). RRI
adalah Lembaga Penyiaran Publik yang independen, netral dan mandiri serta senantiasa berorientasi
kepada kepentingan masyarakat. RRI adalah lembaga penyiaran yang digunakan kepentingan untuk masyarakat
Selain itu Salah satu radio yang mampu
menyokong perkembangan dan kemajuan masyarakat lokal adalah radio komunitas.
Radio komunitas adalah salah satu media alternatif yang memberikan kebutuhan
manusia atas informasi yang memperjuangkan nilai-nilai demokrasi, kemajuan dan
perkembangan dan nilai-nilai kemanusiaan. Karena kita mengetahui bahwa masyarakat
hanya menjadi obyek media informasi, sehingga hal ini akan tereduksi dengan
adanya media yang mampu memberikan aspirasi bagi kemajuan dan perkembangan
masyarakat.
Pada tahun 2005 pasca Tsunami melanda Aceh,
Radio Komunitas di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya ini bernama “Radio Komunitas
Murtila FM di Muara Tiga, Leueguna FM di Batee, Simpati FM di Simpang Tiga,
Kembang FM di Kembang Tanjung, Raja FM di Pante Raja dan Radio Komunitas
Lamkuta FM di Jangka Buya”. Telah
berdiri sebagai sebuah kepentingan bersama kelompok masyarakat untuk
memperjuangkan keadilan dan kesetaraan informasi. Radio komunitas ini didirikan
oleh masyarakat yang terdiri dari sejumlah desa dan Kecamatan di kabupaten
Pidie dan
Pidie Jaya dengan maksud untuk merepresentasikan geografi kabupaten Pidie dan
Pidie Jaya.
Diantara tujuan membentuk radio komunitas
antara lain menfasilitasi
masyarakat untuk memediasi masalah-masalah komunitas dan dapat memperoleh
informasi sesuai yang dibutuhkan komunitas. Menciptakan
informasi yang berimbang antara pusat, daerah dan komunitas local Sebagai media
advokasi masyarakat untuk memperjuangkan hak-hak dasar masyarakat. Meningkatkan
kualitas sumberdaya manusia, masyarakat basis, pengembangan media rakyat
Sebagai alat yang digunakan untuk media kontrol dan partisipasi publik dalam
pembuatan kebijakan daerah. Dan yang terakhir adalah menyokong perkembangan umat/masyarakat.
Secara ideal, lewat radio komunitas kita mendorong fungsi-fungsi
pemberdayaan masyarakat, dan membuka ruang partisipasi mereka secara optimal.
Tujuan ini kiranya setarikan nafas dengan konsep perubahan sosial (pembangunan)
Masyarakat. Kemakmuran sebagai orientasi akhir pembangunan, tidak semata-mata
ditentukan oleh pendapatan per kapita suatu masyarakat. Pembangunan juga harus
dilihat sebagai sebuah proses kebebasan, yang diarahkan untuk membuka
kesempatan bagi masyarakat untuk menentukan pilihan-pilihan hidup dan
mengungkapkan pendapatnya.
Selain radio, juga ada televisi sebagai media
konvensional yang masih memberikan manfaat dalam kehidupan. Televisi mempunyai
peran yang efektif dan efisien sebagai media dakwah. Dengan kelebihannya
sebagai sebagai audio visual, televisi selain bersuara juga dapat dilihat. Televisi
mampu menyentuh mad’u yang heterogen
dan dalam jumlah yang besar. Hal ini sesuai dengan salah satu karakter
komunikasi massa yaitu komunikan yang heterogen dan tersebar. Televisi memiliki jangkauan yang sangat luas
sehingga ekspansi dakwah dapat menjangkau tempat yang lebih jauh. Bahkan pesan-pesan dakwah bisa disampaikan pada mad’u yang berada
di tempat-tempat yang tidak sulit dijangkau. Kelebihan
ini jika dimanfaatkan dengan baik tentu akan berpengaruh positif dalam
aktifitas dakwah. Seorang da’i yang bekerja dalam ruang yang sempit dan
terbatas bisa menjangkau mad’u yang jumlahnya bisa jadi puluhan juta dalam satu
sesi acara.
Televisi mampu menampung berbagai varian metode dakwah sehingga membuka
peluang bagi para da’i memacu kreatifitas dalam mengembangkan metode dakwah
yang paling efektif. Penggunaan televisi sebagai media tentu bisa
dilakukan dengan membuat program-program tayangan bermuatan pesan dakwah, baik
berupa drama hikmah (Indosiar, MNCTV), ceramah (acara “Damai Indonesiaku” di
TVONE), senetron (“Tukang Bubur Naik Haji” di RCTI), kajian keislaman
(acara”KISWAH, Kajian Islam Ahlus Sunnah Wal Jamaah” di TV9) dan lain-lain.
Selain sebagai media dakwah, televisi juga mempunyai
peranan yang besar dalam menyokong perkembangan dan kemajuan umat manusia dalam
berbagai aspek kehidupan. Dalam bidang pendidikan misalnya, pada waktu dan
acara tertentu, televisi akan menampilkan acara- acara kuis, cerdas cermat
(TVRI), debat (“debat mahasiswa” di TVONE) atau dialog-dialog dan acara-acara
edukasi yang lain. Kemudian dalam bidang ekonomi, kita bisa mendapatkan informasi
tentang perkembangan naik turunya nilai kurs dollar, konsumsi dan produksi dan sebagainya yang salah satunya ditanyangkan oleh “Kabar Pasar di TVONE”. Dalam bidang jurnalisme sendiri yang terus menyiarkan berita
sesuai dengan perkembangan dunia yang dilakukan oleh semua televisi baik televisi jakarta
yang siarannya nasional (RCTI, SCTV, MetroTV, TVONE) maupun televisi lokal
(TV9, JTV, SBO, Madura Channel dan lain-lain). Apalagi dalam dunia entertainment dan atau dunia selebritis yang sekarang mendominasi bisnis pertelevisian.
Televisi juga mempunyai peran penting dalam
mensosialisasikan dan menyukseskan program-program pemerintah baik melalui kementrian
maupun lembaga negara yang lain. Seperti program Jaminan Kesehatan Masyarakat
(Jamkesmas) oleh Kemenkes yang ditanyangkan di beberapa stasiun televisi
Indonesia. Dan program-program pemerintah yang lain.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa fungsi televisi adalah sebagai media pendidikan, penerangan, hiburan dan promosi. Jadi efektivitas televisi dikatakan
efektif jika memenuhi hajat hidup orang banyak. Artinya dengan adanya
televisi dirasakan manfaatnya
bagi masyarakat dalam memajukan perkembangan dan kemajuan
kehidupannya.
Disamping radio dan televisi, surat kabar juga digunakan sebagai salah
satu media dakwah. Surat
kabar sebagai salah satu media dakwah sangat besar peranannya dalam
mentransformasikan nilai-nilai ajaran agama kepada masyarakat. Surat kabar
sebagai media dan sarana dakwah diperlukan oleh manusia yang akan berkembang
terus-menerus sejalan dengan laju dan perkembangan manusia. Media tulis,
termasuk di dalamnya surat kabar sangat membantu dalam pelaksanaan dakwah
terutama yang ditujukan kepada masyarakat dan kelompok-kelompok yang
berpendidikan. Di sini juru dakwah mesti proaktif mengambil bagian dan
betul-betul memanfaatkan media massa tersebut. Berkaitan dengan itu, diperlukan
teknik penyajian yang menarik, seperti penggunaan bahasa, materi yang menarik
dan sebagainya.
Kehadiran
surat kabar dewasa ini dalam kaitannya
dengan perubahan sosial, tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Selama ini
tidak seorang pun yang menyangkal bahwa masjid merupakan pusat dakwah yang
efektif. Akan tetapi dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang pesat dari
tahun ke tahun, kini dakwah tidak cukup hanya dipusatkan di masjid saja tanpa
mencoba mencari alternatif lain, mengembangkannya di luar masjid dengan
mempergunakan media yang tersedia, seperti surat kabar.
Sekarang
sudah saatnya para pemikir, muballigh, ulama dan pemuka Islam lainnya,
memanfaatkan serta mempergunakan peluang maupun pengaruh yang dimiliki oleh surat kabar tersebut guna meningkatkan
dakwah. Karena beranjaknya kehidupan
masyarakat pada tahap informasi telah mengajak kita untuk melangkah lebih jauh
atau paling tidak sama dengan perubahan sosial yang ada. Untuk mengantisipasi
hal tersebut,
dakwah billisan tidak memadai lagi, tetapi harus mendapat dukungan dengan suatu
media yang refresentatif dan relevan dengan cakrawala pikiran manusia yang
semakin maju. Dengan demikian surat
kabar dapat dipandang sebagai
bagian dari strategi dakwah, sekaligus sebagai instrumen penyokong perubahan masyarakat.
Berdakwah
melalui surat kabar atau koran mempunyai cara dan karakteristik tersendiri,
berbeda dengan berdakwah pada media lainnya. Surat kabar adalah salah satu
komunikasi masyarakat pembaca yang sangat besar pengaruhnya terhadap
pembacanya. Dakwah melalui Koran lebih tepat dan cepat tersebar ke
seluruh masyarakat, di samping itu masyarakat mudah memahaminya, sebab koran
merupakan media yang telah mampu menjangkau keberadaan masyarakat. Perlu
diketahui pula bahwa isi koran cukup merakyat. Surat
kabar atau koran lebih menekankan nada informatif namun terdapat nada persuasive. Berdakwah melalui Koran dapat dilakukan dalam bentuk
tulisan maupun gambar-gambar yang mendiskripsikan suatu ajaran dan aplikasinya
bagi kehidupan umat manusia.
Berangkat
dari gambaran surat kabar tersebut dan kemungkinan berdakwah melalui koran maka
perlu ditata teknik yang tepat dan peningkatan isi/materi dakwah sesuai dengan
kebutuhan masyarakat yang berarti bahwa berdakwah melalui tulisan di koran
membutuhkan tulisan yang selektif dan terarah untuk masyarakat luas. Oleh
karena itu menulis pesan-pesan dakwah di koran perlu memperhatikan
karakteristik media massa.
Oleh
karena itu menulis pesan-pesan dakwah dalam sebuah koran maka ada beberapa hal
yang perlu diperhatikan yaitu tulisan bernuansa dakwah itu akan dikonsumsikan
kepada media apa, apakah media pers khusus Islam atau pers umum. Menulis
dakwah untuk media pers khusus Islam memiliki teknik dan cara yang sedikit
berbeda dengan menulis di media pers umum. Media khusus Islam pembacanya sudah
jelas sedang media pers umum pembacanya heterogen berasal dari beragam latar
belakang kepercayaan. Karena itu bahasa dakwah melalui jurnalistik harus
memiliki sifat singkat, padat, sederhana, lancar, jelas, lugas dan menarik.
Sedang bahasa agama adalah bahasa yang mengedepankan kemurnian, kebenaran,
kebersihan, jauh dari kata-kata kotor, kasar, tidak simpatik dan menyingkirkan
kata-kata yang bernada hasutan.
Media cetak surat kabar sendiri mempunyai kelebihan dalam
penyampain informasinya kepada masyarakat, yakni harganya yang relatif murah,
beritanya menyeluruh, jangkauannya luas mencakup masyarakat di berbagai tempat
dalam waktu yang bersamaan. Fungsi surat kabar sebagai penyampaian informasi
tidak hanya berdampak pada perkembangan informasi yang dimilki masyarakat yang
membacanya, tetapi dapat menyebar lebih luas kepada masyarakat yang tidak
membaca surat kabar tesebut, yaitu dengan cara pembicaraan dari mulut ke mulut,
selain itu berdampak pada perubahan sikap pada masyarakat. Surat kabar
mempunyai beberapa efek kepada masyarakat. Adanya perubahan sikap dari
masyarakat sebagai efek dari adanya informasi, terbentuknya opini publik yang
terjadi di masyarakat, dan sifat dari surat kabar tehadap masyarakat. Informasi merupakan salah satu variabel pembentuk sikap individu.
Masyarakat sangat memerlukan informsi-informasi dalam kehidupannya,
dengan adanya surat kabar yang beredar di masyarakat diharapkan perkembangan
informasi mereka dapat bertambah. Dengan manfaat surat kabar sebagai media
komunikasi untuk memberikan berbagai informasi serta bagaimana perbubahan sikap
dari masyarakat terhadap adanya informasi, membuat kita mengetahui manfaat apa
saja dari adanya surat kabar tersebut dan mengetahui adanya perubahan sikap
pada masyarakat yang memperoleh informasi.
Jawa Pos adalah surat kabar harian yang berpusat di Surabaya, Jawa
Timur. Jawa Pos
merupakan harian terbesar di Jawa
Timur, dan merupakan
salah satu harian dengan oplah terbesar di Indonesia. Jawa Pos (utama), berisi berita-berita utama, politik,
ekonomi/bisnis, Jawa Timur, nasional, internasional, dan rubrik-rubrik tematik
lainnya. Metropolis, berisi berita Kota Surabaya dan sekitarnya (Sidoarjo dan
Gresik), Deteksi (halaman untuk remaja, salah satunya berisi polling harian),
hiburan, kesehatan, teknologi, dan rubrik-rubrik "ringan" lainnya
serta rubrik mingguanOlahraga, berisi berita-berita olahraga, terutama ulasan
mengenai sepak bola dan balap (Formula 1, MotoGP). Seksi ini juga berisi iklan baris. DetEksi berisi berita tentang kehidupan remaja, mulai dari otomotif,
style, techno, hingga anime. terdiri dari 3 halaman yang disisipkan pada bagian
Metropolis. Hingga kini detEksi Jawa Pos aktif mengadakan event seperti DetEksi
Basketball League, Dan MAding Championship. Halaman ini kini telah menjadi
bacaan wajib bagi remaja di Surabaya. Seksi ini semua crew-nya masih berstatus
mahasiswa, mulai dari reporter, editor, hingga fotografer.
Jadi
dapat disimpulkan bahwa media konvensional dalam hal ini televisi, radio, surat
kabar dan lain-lain banyak memberikan manfaat yang besar bagi dinamika peradapan umat manusia. Mari kita mengingat
pada tanggal 17
Agustus 1945 sekitar pukul 18.30 WIB, radio ikut berperan dalam penyebaran
berita proklamasi. Sehingga banyak rakyat yang mengetahui bahwa Indonesia
ini sudah merdeka.Penyebaran berita proklamasi lewat radio ini juga tidak mudah, tapi
Syahrudin dan kawan-kawan terus berusaha dan akhirnya berhasil menyebarkan
berita proklamasi dengan susah paya. Kita tidak boleh menafikan media konvensional, yang oleh
sebagian orang sudah dianggap sebagi media jadul dan tradisional.
Media konvensional
dengan segala bentuknya seperti televisi, radio, surat kabar dan lain-lain,
mereka tidak dapat hidup sendiri ditengah globalisasi yang serba digital.
Mereka membutuhkan “teman” agar tetap eksis demi tetap menyokong dalam
perkembangan dan kemajuan peradapan umat manusia. Televisi misalnya, ia tidak
boleh menyampaikan informasinya kepada masyarakat dengan kekuatan dirinya sendiri,
ia juga harus menggandeng produk new media. Contohnya media televisi
yang sudah menggandeng produk new media adalah MNC Grup (RCTI, MNCTV dan Global TV) juga
menghadirkan new media lewat Okezone.Com, yang menyatukan ragam media
elektronik dan cetak di bawah Grup itu. Begitu juga dengan Visi Media Asia (VIVA) yang membawahi ANTV dan
TVOne memutuskan membentuk lini konvergensi melalui VivaNews.Com. Sementara
Jawa Pos Grup dikabarkan segera menyatukan aneka platform media cetak daerah
dan televisi lokal mereka dalam satu media online. Konvergensi tampaknya telah
menjadi strategi baru bagi industri media nasional. Metro TV lewat tayangan
bincang-bincangnya sudah mengintegrasikan new media untuk mengajak permirsanya
berinteraksi langsung melalui Facebook, Instant Messenger, juga SMS. Pemirsa
bisa bertanya kepada narasumber maupun mengomentari topik yang tengah
didiskusikan.
Dalam
lingkup radio pun tidak mau ketinggalan, Radio Republik Indonesia dengan rri.co.id-nya, serta Radio Suara Al Akbar Surabaya (Radio SAS FM) www.sasfmsurabaya.net-nya dan lain-lain. Begitu juga dengan dunia media
cetak (surat kabar), kompas www.kompas.com, Jawa Pos www.jawapos.com dan lain-lain.
NEW MEDIA
New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah banyak
digunakan oleh manusia. New Media dengan karakternya
dengan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan
berbagai kegiatan lainnya dengan manusia di seluruh dunia. New
Media sebagai produck
budaya mutakhir kemajuan dunia banyak memberikan peran, manfaat dan pengaruhnya
dalam menyokong perkembangan umat, terutama dalam dakwah Islam.
Banyak manfaat yang menguntungkan
yang didapatkan dari Internet (New Media)
baik dalam bidang bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dan lain-lain.
Bidang dakwah Islam, dalam bidang ini banyak dilakukan
oleh para aktivis dakwah (baca: da’i) salah satunya melalui facebook. Dengan
menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasi dakwah
dengan semua user dibelahan dunia manapun. Banyak di antara ustadz yang
sudah menggunakannya dalam hal dakwah. Salah satunya adalah Ustadz Yusuf Mansur
dalam facebooknya “Yusuf Mansur”. Beliau banyajk memberikan pencerahan kepada
kita tentang Islam, semangat ibadah, berprilaku baik sesuia dengan yang telah
diajarkan oleh al-Qur’an dan as-Sunnah serta semangat dalam hidup/ tidak boleh
putus asa.
Bidang sosial, dalam bidang ini banyak menyita
perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang
di minati masyarakat seperti facebook. Facebook dalam hal ini
banyak digunakan untuk kepentingan sosial baik dalam tukar pikiran, saling
memberi nasihat dan lain-lain. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan
mudah dapat menjalin komunikasi dengan semua user dibelahan dunia manapun.
Hali ini sudah banyak dilakukan oleh para menteri para motivator dan aktivis
sosial dalam memberikan semangat kepada masyarakat. Seperti halnya Mario Teguh
dalam situs facebook, ia banyak memberikan semangat kepada manusia dalam
semangat dalam menjalani kehidupan. Dengan adanya dakwah maupun komunikasi sosial itu, terjadi kontak
yang baik antara sesama user facebook, berbagi pengalaman dan semangat.
Hal itu akan meningkatkan semangat manusia untuk mengubah dirinya, keluarga dan
masyarakat.
Bidang industri/dagang, dalam
bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk
tertentu sehingga tidak perlu susah untuk
membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pengusaha/pedagang dapat mempromosikan produknya melalui membuka online shop,
bisa melalui facebook dan lain-lain. Contohnya www.facebook.com/jualblackberrymurah yang sudah melakukan promosi belanja lewan facebokk. Berbelanja online, berbelanja dan
membeli sesuatu secara instan, saat ini sangat mungkin dilakukan di Internet
karena sekarang telah banyak halaman-halaman Web yang ditujukan untuk aktivitas
ini, ibarat toko-toko on-line di Internet. Kita tinggal memilih produk atau
jasa yang tersedia dan membayarnya secara on-line via kartu kredit, dan esoknya
produk atau jasa tersebut sudah dapat hadir di depan pintu rumah kita. Ada
beberapa sites yang layak dicoba untuk memulai belanja secara on-line, antara
lain adalah http://www.amazon.com yang menyediakan pembelian buku secara online. Online
Shop, produk
produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah
sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop
melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik
perhatian konsumen secara cepat.
Dengan adanya Internet, dunia ilmu
pengetahuan semakin terbuka bagi kita.
Bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan
materi yang di inginkan. Penyebaran informasipun
semakin cepat, segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam
sekejap. Informasi yang tadinya sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu
yang sulit lagi. Ini semua dimungkinkan dengan adanya fasilitas Searh Engines,
atau mesin pencari dalam dunia Internet, yang artinya adalah pencarian segala
informasi yang kita perlukan, yang bisa saja berupa data, file, gambar, musik,
maupun film. Search engine
adalah suatu Web khusus yang menyediakan pelayanan untuk mengorganisasi,
menyusun Index berdasarkan kategori, dari beberapa Website yang telah
mendaftarkan site-nya, serta memberikan rate berdasar dari seringnya site
tersebut dikunjungi. Hal tersebut akan sangat membantu kita untuk menemukan
halaman web yang kita butuhkan, cukup hanya dengan mengetikkan kata kunci pada
form yang telah disediakan. Search
engine yang biasanya digunakan adalah http://www.yahoo.com . Pendidikan, salah
satu website yang ada di Internet yang dapat membantu kita mengembangkan Ilmu
Pengetahuan dan Pendidikan kita adalah Website yang mengkhususkan pada
Informasi seputar Pendidikan. Salah satunya adalah website dengan alamat: www.apasich.com. Website ini bermuatan lokal dan mencakup seluruh informasi, data
serta statistik yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan dunia Pendidikan dan
Ilmu Pengetahuan di Tanah Air kita. Informasi/Pendidikan, untuk mencari segala informasi maupun berita
yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti
wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya. BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang
menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan
materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).
Berita-berita, sekarang tidak lagi membutuhkan
waktu menunggu hingga pagi, hanya untuk membaca berita, banyak sudah
halaman-halaman Web yang menyediakan berita-berita dunia secara up-to-date dan
selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada. Berita-berita yang tersaji dalam halaman-halaman Web tersebut pun
terbilang lengkap, mulai dari berit-berita olahraga, politik, keuangan, cuaca
dan sebagainya. Site-site menarik tersebut antara lain www.detik.com, Web Site berita yang mengupdate beritanya setiap beberapa menit,
menyajikan berita-berita aktual ditanah air. CNN, BBC, Detik, Okezone dan
berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat
sebagai pengganti koran/majalah.
Perpustakaan, selain
hal-hal tersebut diatas, Internet juga menyediakan fasilitas Perpustaakan
Online, yang berupa kumpulan-kumpulan Web sites dari perpustakaan kelas dunia.
Dalam Site ini kita dapat memperoleh buku-buku yang dapat kita baca secara
online maupun offline (setelah kita download terlebih dulu) secara gratis,
buku-buku tersebut mulai dari ensiklopedia, Novel, Iptek, dan sebagainya.
Tentunya tidak semua buku yang kita inginkan tersedia secara gratis, ada
beberapa yang harus kita beli secara online yang biasanya transaksi tersebut
dalam bentuk transaksi kartu kredit. Berikut ini adalah beberapa Web sites
penyedia Perpustakaan Online tersebut http://onlinebooks.library.upenn.edu.
Hiburan, Youtube, seleb.tv, metacafe dan
website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau
menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
Bidang lowongan kerja, dalam bidang ini bagi
yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu mendaftar secara
online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga, tidak perlu lagi
susah payah datang dari kantor ke kantor.
Kesimpulan yang bisa di ambil ialah secara
umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses
ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet, informasi
untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi,
rohani, sosial. Informasi untuk
kehidupan profesional/pekerja, sains,
teknologi, perdagangan, saham,
komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum
komunikasi. Satu hal yang
paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras,
kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat
pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat
demokratis serta memiliki kode
etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh
melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan
waktu. Untuk lebih
meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para
profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari
masyarakat informasi dunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar