Selasa, 22 April 2014

MEDIA KONVENSIONAL DAN NEW MEDIA DALAM MENYOKONG PERKEMBANGAN UMAT



MEDIA KONVENSIONAL DAN  NEW MEDIA DALAM MENYOKONG PERKEMBANGAN UMAT 
Oleh: SYAMSURIYANTO

Media Konvensional adalah media yang terdiri dari televisi, radio, surat kabar (koran) dan lain-lain. Sebagian orang berpendapat bahwa saat ini media konvensional tersebut sudah menjadi  traditional media, karena media digital (new media) sudah mulai mempengaruhi gaya hidup manusia di Era informasi seperti saat ini. Namun, kita harus mengetahui bahwa media konvensional banyak memberikan manfaat, peranan dan pengaruhnya bagi perkembangan dan kemajuan masyarakat, terutama untuk kepentingan dakwah.
Media massa seperti surat kabar, televisi, radio, film, teater, majalah dan sebagainya. Oleh para da`i harus dimanfaatkan seefektif mungkin, sebab bila tidak, media tersebut akan cenderung berupa alat sekularistis yang akan mendangkalkan penghayatan keagamaan umat Islam. Karena media konvensional tersebut juga masih eksis dalam menyebarkan nuansa keislaman dan menyokong kemajuan dalam masyarakat. Dalam pembahasan mengenai media konvensional sebagai penyokong kemajuan dan perkembangan umat, saya akan menjelaskan tentang contoh media konvensional seperti radio, televisi dan surat kabar. Selain itu masih banyak contoh dari media konvensional.
Radio adalah media auditif, perangkat auditif radio dalam dakwah digunakan sebagai sarana penunjang kegiatan dakwah yang dapat ditangkap dengan indra pendengaran oleh mad’u/pendengar. Radio adalah media yang mampu menyentuh semua level dalam masyarakat, dari masyarakat level bawah, level menengah hingga masyarakat level atas. Dari kalangan awam hingga kalangan akademisi/cendekiawan/intelektual, dari masyarakat pelosok yang tidak baca- tulis hingga masyarakat perkotaan yang mayoritas bisa baca- tulis. Hal itu disebabkan oleh harganya yang relatif terjangkau, sehingga memungkinkan masyarakat level bawah mampu membelinya. Radio juga dapat dibawa ke mana- mana disebabkan oleh barangnya yang kecil. Bahkan sekarang sudah ada radio dalam Hanphone, laptop dan lain- lain. Radio juga dapat dijadikan sahabat, karena sifatnya yang dapat menemani pendengarnya dengan segala macam bentuk aktivitas. Dan yang terpenting adalah masyarakat sangat mudah memahami dakwah lewat radio, karena masyarakat tinggal menyimak dan mendengarkan informasi yang disampaikan tanpa harus membaca. Karena membaca memberikan kesulitan untuk mendapatkan informasi terutama bagi masyarakat awam dan masyarakat lanjut usia.
Radio adalah salah satu media konvensional yang mempunyai peranan dalam menyokong perkembangan umat, hal itu disebabkan karena radio mempunyai efisiensi dan efektivitas dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah. Di antara  peranan yang efektif dan efisien pada radio adalah sebagai berikut. Pertama, daya langsung, karena informasi yang disampaikan kepada pendengar dapat disiarkan dan didengarkan secara langsung  oleh pendengar.
Kedua, daya tembus, dakwah dan menyokong perkembangan umat melalui radio tidak mengenal jarak dan waktu, setiap informasi yang disampaikan dapat disiarkan dan disebar dengan baik. Ketiga, daya tarik, radio mempunyai sifat yang serba hidup berkat tiga unsur yang melekat padanya sehingga meningkatkan interest masyarakat. Tiga unsur tersebut yaitu : musik (music), kata-kata (spoken word) dan efek suara (sound effect). Keempat, daya inti dan pengaruh,  maksudnya penyiar radio, da’i atau penghibur seakan-akan berada di tengah-tengah pendengar, sehingga terjadi sapaan, canda, uraian tentang topik yang dibahas dan petunjuk-petunjuk tentang moment-moment tertentu. Sehingga disebabkan oleh interaksi itulah, radio mampu memberikan pengaruh kepada pendengar/mad’u.
Dalam bidang dakwah misalnya, banyak radio dimanfaatkan untuk kepentingan dakwah, salah satunya adalah Radio Suara Al Akbar Surabaya (Radio SAS) yang mempunyai visi sebagai media pengembangan syiar, pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya menuju masyarakat yang berakhlaq karimah dengan mengedepankan aspek informasi yang menyejukkan dan memberi nilai demi perbaikan umat. Radio SAS juga memiliki visi yaitu  Pengembangan dakwah dan syiar Islam, pendidikan, sosial budaya serta  ekonomi dan bisnis. Di antara program sinaran Radio SAS antara lain Murotal AL Quran Pagi, Syair dan Syiar, Keluarga Sakinah dan lain-lain.
Sedangkan radio nasional yang dapat memberikan perubahan dan kemajuan di Indonesia adalah Radio Republik Indonesia (RRI). RRI adalah Lembaga Penyiaran Publik yang independen, netral dan mandiri serta senantiasa berorientasi kepada kepentingan masyarakat. RRI adalah lembaga penyiaran yang digunakan kepentingan untuk masyarakat
Selain itu Salah satu radio yang mampu menyokong perkembangan dan kemajuan masyarakat lokal adalah radio komunitas. Radio komunitas adalah salah satu media alternatif yang memberikan kebutuhan manusia atas informasi yang memperjuangkan nilai-nilai demokrasi, kemajuan dan perkembangan dan nilai-nilai kemanusiaan. Karena kita mengetahui bahwa masyarakat hanya menjadi obyek media informasi, sehingga hal ini akan tereduksi dengan adanya media yang mampu memberikan aspirasi bagi kemajuan dan perkembangan masyarakat.
Pada tahun 2005 pasca Tsunami melanda Aceh, Radio Komunitas di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya ini bernama “Radio Komunitas Murtila FM di Muara Tiga, Leueguna FM di Batee, Simpati FM di Simpang Tiga, Kembang FM di Kembang Tanjung, Raja FM di Pante Raja dan Radio Komunitas Lamkuta FM di Jangka Buya”. Telah berdiri sebagai sebuah kepentingan bersama kelompok masyarakat untuk memperjuangkan keadilan dan kesetaraan informasi. Radio komunitas ini didirikan oleh masyarakat yang terdiri dari sejumlah desa dan Kecamatan di kabupaten Pidie dan Pidie Jaya dengan maksud untuk merepresentasikan geografi kabupaten Pidie dan Pidie Jaya.
Diantara tujuan membentuk radio komunitas antara lain menfasilitasi masyarakat untuk memediasi masalah-masalah komunitas dan dapat memperoleh informasi sesuai yang dibutuhkan komunitas. Menciptakan informasi yang berimbang antara pusat, daerah dan komunitas local Sebagai media advokasi masyarakat untuk memperjuangkan hak-hak dasar masyarakat. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, masyarakat basis, pengembangan media rakyat Sebagai alat yang digunakan untuk media kontrol dan partisipasi publik dalam pembuatan kebijakan daerah. Dan yang terakhir adalah menyokong perkembangan umat/masyarakat.
Secara ideal, lewat radio komunitas kita mendorong fungsi-fungsi pemberdayaan masyarakat, dan membuka ruang partisipasi mereka secara optimal. Tujuan ini kiranya setarikan nafas dengan konsep perubahan sosial (pembangunan) Masyarakat. Kemakmuran sebagai orientasi akhir pembangunan, tidak semata-mata ditentukan oleh pendapatan per kapita suatu masyarakat. Pembangunan juga harus dilihat sebagai sebuah proses kebebasan, yang diarahkan untuk membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menentukan pilihan-pilihan hidup dan mengungkapkan pendapatnya.
Selain radio, juga ada televisi sebagai media konvensional yang masih memberikan manfaat dalam kehidupan. Televisi mempunyai peran yang efektif dan efisien sebagai media dakwah. Dengan kelebihannya sebagai sebagai audio visual, televisi selain bersuara juga dapat dilihat. Televisi mampu menyentuh mad’u yang heterogen dan dalam jumlah yang besar. Hal ini sesuai dengan salah satu karakter komunikasi massa yaitu komunikan yang heterogen dan tersebar. Televisi memiliki jangkauan yang sangat luas sehingga ekspansi dakwah dapat menjangkau tempat yang lebih jauh. Bahkan pesan-pesan dakwah bisa disampaikan pada mad’u yang berada di tempat-tempat yang tidak sulit dijangkau. Kelebihan ini jika dimanfaatkan dengan baik tentu akan berpengaruh positif dalam aktifitas dakwah. Seorang da’i yang bekerja dalam ruang yang sempit dan terbatas bisa menjangkau mad’u yang jumlahnya bisa jadi puluhan juta dalam satu sesi acara.
Televisi mampu menampung berbagai varian metode dakwah sehingga membuka peluang bagi para da’i memacu kreatifitas dalam mengembangkan metode dakwah yang paling efektif. Penggunaan televisi sebagai media tentu bisa dilakukan dengan membuat program-program tayangan bermuatan pesan dakwah, baik berupa drama hikmah (Indosiar, MNCTV), ceramah (acara “Damai Indonesiaku” di TVONE), senetron (“Tukang Bubur Naik Haji” di RCTI), kajian keislaman (acara”KISWAH, Kajian Islam Ahlus Sunnah Wal Jamaah” di TV9) dan lain-lain.
Selain sebagai media dakwah, televisi juga mempunyai peranan yang besar dalam menyokong perkembangan dan kemajuan umat manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam bidang pendidikan misalnya, pada waktu dan acara tertentu, televisi akan menampilkan acara- acara kuis, cerdas cermat (TVRI), debat (“debat mahasiswa” di TVONE) atau dialog-dialog dan acara-acara edukasi yang lain.  Kemudian dalam bidang ekonomi, kita bisa mendapatkan informasi tentang perkembangan naik turunya nilai kurs dollar, konsumsi dan produksi dan sebagainya yang salah satunya ditanyangkan oleh “Kabar Pasar di TVONE”. Dalam bidang jurnalisme sendiri yang terus menyiarkan berita sesuai dengan perkembangan dunia yang dilakukan oleh semua televisi baik televisi jakarta yang siarannya nasional (RCTI, SCTV, MetroTV, TVONE) maupun televisi lokal (TV9, JTV, SBO, Madura Channel dan lain-lain). Apalagi dalam dunia entertainment dan atau dunia selebritis yang sekarang mendominasi bisnis pertelevisian.
Televisi juga mempunyai peran penting dalam mensosialisasikan dan menyukseskan program-program pemerintah baik melalui kementrian maupun lembaga negara yang lain. Seperti program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) oleh Kemenkes yang ditanyangkan di beberapa stasiun televisi Indonesia. Dan program-program pemerintah yang lain.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa fungsi televisi adalah sebagai media pendidikan, penerangan, hiburan dan promosi. Jadi efektivitas televisi dikatakan efektif jika memenuhi hajat hidup orang banyak. Artinya dengan adanya televisi  dirasakan manfaatnya bagi masyarakat dalam memajukan perkembangan dan kemajuan kehidupannya.
Disamping radio dan televisi, surat kabar juga digunakan sebagai salah satu media dakwah.  Surat kabar sebagai salah satu media dakwah sangat besar peranannya dalam mentransformasikan nilai-nilai ajaran agama kepada masyarakat. Surat kabar sebagai media dan sarana dakwah diperlukan oleh manusia yang akan berkembang terus-menerus sejalan dengan laju dan perkembangan manusia. Media tulis, termasuk di dalamnya surat kabar sangat membantu dalam pelaksanaan dakwah terutama yang ditujukan kepada masyarakat dan kelompok-kelompok yang berpendidikan. Di sini juru dakwah mesti proaktif mengambil bagian dan betul-betul memanfaatkan media massa tersebut. Berkaitan dengan itu, diperlukan teknik penyajian yang menarik, seperti penggunaan bahasa, materi yang menarik dan sebagainya.
Kehadiran surat kabar dewasa ini dalam kaitannya dengan perubahan sosial, tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Selama ini tidak seorang pun yang menyangkal bahwa masjid merupakan pusat dakwah yang efektif. Akan tetapi dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang pesat dari tahun ke tahun, kini dakwah tidak cukup hanya dipusatkan di masjid saja tanpa mencoba mencari alternatif lain, mengembangkannya di luar masjid dengan mempergunakan media yang tersedia, seperti surat kabar.
Sekarang sudah saatnya para pemikir, muballigh, ulama dan pemuka Islam lainnya, memanfaatkan serta mempergunakan peluang maupun pengaruh yang dimiliki oleh surat kabar tersebut guna meningkatkan dakwah. Karena beranjaknya kehidupan masyarakat pada tahap informasi telah mengajak kita untuk melangkah lebih jauh atau paling tidak sama dengan perubahan sosial yang ada. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dakwah billisan tidak memadai lagi, tetapi harus mendapat dukungan dengan suatu media yang refresentatif dan relevan dengan cakrawala pikiran manusia yang semakin maju. Dengan demikian surat kabar dapat dipandang sebagai bagian dari strategi dakwah, sekaligus sebagai instrumen penyokong perubahan masyarakat.
Berdakwah melalui surat kabar atau koran mempunyai cara dan karakteristik tersendiri, berbeda dengan berdakwah pada media lainnya. Surat kabar adalah salah satu komunikasi masyarakat pembaca yang sangat besar pengaruhnya terhadap pembacanya. Dakwah melalui Koran lebih tepat dan cepat tersebar ke seluruh masyarakat, di samping itu masyarakat mudah memahaminya, sebab koran merupakan media yang telah mampu menjangkau keberadaan masyarakat. Perlu diketahui pula bahwa isi koran cukup merakyat. Surat kabar atau koran lebih menekankan nada informatif namun terdapat nada persuasive. Berdakwah melalui Koran dapat dilakukan dalam bentuk tulisan maupun gambar-gambar yang mendiskripsikan suatu ajaran dan aplikasinya bagi kehidupan umat manusia.
Berangkat dari gambaran surat kabar tersebut dan kemungkinan berdakwah melalui koran maka perlu ditata teknik yang tepat dan peningkatan isi/materi dakwah sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berarti bahwa berdakwah melalui tulisan di koran membutuhkan tulisan yang selektif dan terarah untuk masyarakat luas. Oleh karena itu menulis pesan-pesan dakwah di koran perlu memperhatikan karakteristik media massa.
Oleh karena itu menulis pesan-pesan dakwah dalam sebuah koran maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu tulisan bernuansa dakwah itu akan dikonsumsikan kepada media apa, apakah media pers khusus Islam atau pers umum. Menulis dakwah untuk media pers khusus Islam memiliki teknik dan cara yang sedikit berbeda dengan menulis di media pers umum. Media khusus Islam pembacanya sudah jelas sedang media pers umum pembacanya heterogen berasal dari beragam latar belakang kepercayaan. Karena itu bahasa dakwah melalui jurnalistik harus memiliki sifat singkat, padat, sederhana, lancar, jelas, lugas dan menarik. Sedang bahasa agama adalah bahasa yang mengedepankan kemurnian, kebenaran, kebersihan, jauh dari kata-kata kotor, kasar, tidak simpatik dan menyingkirkan kata-kata yang bernada hasutan.
Media cetak surat kabar sendiri mempunyai kelebihan dalam penyampain informasinya kepada masyarakat, yakni harganya yang relatif murah, beritanya menyeluruh, jangkauannya luas mencakup masyarakat di berbagai tempat dalam waktu yang bersamaan. Fungsi surat kabar sebagai penyampaian informasi tidak hanya berdampak pada perkembangan informasi yang dimilki masyarakat yang membacanya, tetapi dapat menyebar lebih luas kepada masyarakat yang tidak membaca surat kabar tesebut, yaitu dengan cara pembicaraan dari mulut ke mulut, selain itu berdampak pada perubahan sikap pada masyarakat. Surat kabar mempunyai beberapa efek kepada masyarakat. Adanya perubahan sikap dari masyarakat sebagai efek dari adanya informasi, terbentuknya opini publik yang terjadi di masyarakat, dan sifat dari surat kabar tehadap masyarakat. Informasi merupakan salah satu variabel pembentuk sikap individu.
Masyarakat sangat memerlukan informsi-informasi dalam kehidupannya, dengan adanya surat kabar yang beredar di masyarakat diharapkan perkembangan informasi mereka dapat bertambah. Dengan manfaat surat kabar sebagai media komunikasi untuk memberikan berbagai informasi serta bagaimana perbubahan sikap dari masyarakat terhadap adanya informasi, membuat kita mengetahui manfaat apa saja dari adanya surat kabar tersebut dan mengetahui adanya perubahan sikap pada masyarakat yang memperoleh informasi.
Jawa Pos adalah surat kabar harian yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Jawa Pos merupakan harian terbesar di Jawa Timur, dan merupakan salah satu harian dengan oplah terbesar di Indonesia. Jawa Pos (utama), berisi berita-berita utama, politik, ekonomi/bisnis, Jawa Timur, nasional, internasional, dan rubrik-rubrik tematik lainnya. Metropolis, berisi berita Kota Surabaya dan sekitarnya (Sidoarjo dan Gresik), Deteksi (halaman untuk remaja, salah satunya berisi polling harian), hiburan, kesehatan, teknologi, dan rubrik-rubrik "ringan" lainnya serta rubrik mingguanOlahraga, berisi berita-berita olahraga, terutama ulasan mengenai sepak bola dan balap (Formula 1, MotoGP). Seksi ini juga berisi iklan baris. DetEksi berisi berita tentang kehidupan remaja, mulai dari otomotif, style, techno, hingga anime. terdiri dari 3 halaman yang disisipkan pada bagian Metropolis. Hingga kini detEksi Jawa Pos aktif mengadakan event seperti DetEksi Basketball League, Dan MAding Championship. Halaman ini kini telah menjadi bacaan wajib bagi remaja di Surabaya. Seksi ini semua crew-nya masih berstatus mahasiswa, mulai dari reporter, editor, hingga fotografer.
Jadi dapat disimpulkan bahwa media konvensional dalam hal ini televisi, radio, surat kabar dan lain-lain banyak memberikan manfaat yang besar bagi dinamika  peradapan umat manusia. Mari kita mengingat pada tanggal 17 Agustus 1945 sekitar pukul 18.30 WIB, radio ikut berperan dalam penyebaran berita proklamasi. Sehingga banyak  rakyat yang mengetahui bahwa Indonesia ini sudah merdeka.Penyebaran berita proklamasi lewat radio ini juga tidak mudah, tapi Syahrudin dan kawan-kawan terus berusaha dan akhirnya berhasil menyebarkan berita proklamasi dengan susah paya. Kita tidak boleh menafikan media konvensional, yang oleh sebagian orang sudah dianggap sebagi media jadul dan tradisional.
Media konvensional dengan segala bentuknya seperti televisi, radio, surat kabar dan lain-lain, mereka tidak dapat hidup sendiri ditengah globalisasi yang serba digital. Mereka membutuhkan “teman” agar tetap eksis demi tetap menyokong dalam perkembangan dan kemajuan peradapan umat manusia. Televisi misalnya, ia tidak boleh menyampaikan informasinya kepada masyarakat dengan kekuatan dirinya sendiri, ia juga harus menggandeng produk new media. Contohnya media televisi yang sudah menggandeng produk new media adalah MNC Grup (RCTI, MNCTV dan Global TV) juga menghadirkan new media lewat Okezone.Com, yang menyatukan ragam media elektronik dan cetak di bawah Grup itu. Begitu juga dengan Visi Media Asia (VIVA) yang membawahi ANTV dan TVOne memutuskan membentuk lini konvergensi melalui VivaNews.Com. Sementara Jawa Pos Grup dikabarkan segera menyatukan aneka platform media cetak daerah dan televisi lokal mereka dalam satu media online. Konvergensi tampaknya telah menjadi strategi baru bagi industri media nasional. Metro TV lewat tayangan bincang-bincangnya sudah mengintegrasikan new media untuk mengajak permirsanya berinteraksi langsung melalui Facebook, Instant Messenger, juga SMS. Pemirsa bisa bertanya kepada narasumber maupun mengomentari topik yang tengah didiskusikan.
Dalam lingkup radio pun tidak mau ketinggalan, Radio Republik Indonesia dengan rri.co.id-nya, serta Radio Suara Al Akbar Surabaya (Radio SAS FM) www.sasfmsurabaya.net-nya dan lain-lain. Begitu juga dengan dunia media cetak (surat kabar), kompas www.kompas.com, Jawa Pos www.jawapos.com dan lain-lain.

NEW MEDIA
New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah banyak digunakan oleh manusia. New Media dengan karakternya dengan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya dengan manusia di seluruh dunia.  New Media sebagai produck budaya mutakhir kemajuan dunia banyak memberikan peran, manfaat dan pengaruhnya dalam menyokong perkembangan umat, terutama dalam dakwah Islam.
Banyak manfaat yang menguntungkan yang didapatkan dari Internet (New Media) baik dalam bidang bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dan lain-lain.
Bidang dakwah Islam, dalam bidang ini banyak dilakukan oleh para aktivis dakwah (baca: da’i) salah satunya melalui facebook. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasi dakwah dengan semua user dibelahan dunia manapun. Banyak di antara ustadz yang sudah menggunakannya dalam hal dakwah. Salah satunya adalah Ustadz Yusuf Mansur dalam facebooknya “Yusuf Mansur”. Beliau banyajk memberikan pencerahan kepada kita tentang Islam, semangat ibadah, berprilaku baik sesuia dengan yang telah diajarkan oleh al-Qur’an dan as-Sunnah serta semangat dalam hidup/ tidak boleh putus asa.
Bidang sosial, dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook. Facebook dalam hal ini banyak digunakan untuk kepentingan sosial baik dalam tukar pikiran, saling memberi nasihat dan lain-lain. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasi dengan semua user dibelahan dunia manapun. Hali ini sudah banyak dilakukan oleh para menteri para motivator dan aktivis sosial dalam memberikan semangat kepada masyarakat. Seperti halnya Mario Teguh dalam situs facebook, ia banyak memberikan semangat kepada manusia dalam semangat dalam menjalani kehidupan. Dengan adanya dakwah maupun  komunikasi sosial itu, terjadi kontak yang baik antara sesama user facebook, berbagi pengalaman dan semangat. Hal itu akan meningkatkan semangat manusia untuk mengubah dirinya, keluarga dan masyarakat.
Bidang industri/dagang, dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak perlu susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pengusaha/pedagang dapat mempromosikan produknya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook dan lain-lain. Contohnya www.facebook.com/jualblackberrymurah yang sudah melakukan promosi belanja lewan facebokk. Berbelanja online, berbelanja dan membeli sesuatu secara instan, saat ini sangat mungkin dilakukan di Internet karena sekarang telah banyak halaman-halaman Web yang ditujukan untuk aktivitas ini, ibarat toko-toko on-line di Internet. Kita tinggal memilih produk atau jasa yang tersedia dan membayarnya secara on-line via kartu kredit, dan esoknya produk atau jasa tersebut sudah dapat hadir di depan pintu rumah kita. Ada beberapa sites yang layak dicoba untuk memulai belanja secara on-line, antara lain adalah http://www.amazon.com yang menyediakan pembelian buku secara online. Online Shop, produk produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.
Dengan adanya Internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka bagi kita. Bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Penyebaran informasipun semakin cepat, segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap. Informasi yang tadinya sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi. Ini semua dimungkinkan dengan adanya fasilitas Searh Engines, atau mesin pencari dalam dunia Internet, yang artinya adalah pencarian segala informasi yang kita perlukan, yang bisa saja berupa data, file, gambar, musik, maupun film. Search engine adalah suatu Web khusus yang menyediakan pelayanan untuk mengorganisasi, menyusun Index berdasarkan kategori, dari beberapa Website yang telah mendaftarkan site-nya, serta memberikan rate berdasar dari seringnya site tersebut dikunjungi. Hal tersebut akan sangat membantu kita untuk menemukan halaman web yang kita butuhkan, cukup hanya dengan mengetikkan kata kunci pada form yang telah disediakan. Search engine yang biasanya digunakan adalah http://www.yahoo.com . Pendidikan, salah satu website yang ada di Internet yang dapat membantu kita mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan kita adalah Website yang mengkhususkan pada Informasi seputar Pendidikan. Salah satunya adalah website dengan alamat: www.apasich.com. Website ini bermuatan lokal dan mencakup seluruh informasi, data serta statistik yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan dunia Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan di Tanah Air kita. Informasi/Pendidikan,  untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya. BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).
Berita-berita, sekarang tidak lagi membutuhkan waktu menunggu hingga pagi, hanya untuk membaca berita, banyak sudah halaman-halaman Web yang menyediakan berita-berita dunia secara up-to-date dan selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada. Berita-berita yang tersaji dalam halaman-halaman Web tersebut pun terbilang lengkap, mulai dari berit-berita olahraga, politik, keuangan, cuaca dan sebagainya. Site-site menarik tersebut antara lain www.detik.com, Web Site berita yang mengupdate beritanya setiap beberapa menit, menyajikan berita-berita aktual ditanah air. CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
Perpustakaan, selain hal-hal tersebut diatas, Internet juga menyediakan fasilitas Perpustaakan Online, yang berupa kumpulan-kumpulan Web sites dari perpustakaan kelas dunia. Dalam Site ini kita dapat memperoleh buku-buku yang dapat kita baca secara online maupun offline (setelah kita download terlebih dulu) secara gratis, buku-buku tersebut mulai dari ensiklopedia, Novel, Iptek, dan sebagainya. Tentunya tidak semua buku yang kita inginkan tersedia secara gratis, ada beberapa yang harus kita beli secara online yang biasanya transaksi tersebut dalam bentuk transaksi kartu kredit. Berikut ini adalah beberapa Web sites penyedia Perpustakaan Online tersebut  http://onlinebooks.library.upenn.edu.
Hiburan, Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
Bidang lowongan kerja, dalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.
Kesimpulan yang bisa di ambil ialah secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet, informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja, sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi. Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar