Minggu, 27 April 2014

Potensi Manusia Dalam Pendidikan

Oleh: M. Fahrus Shodiq
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Uin Sunan Ampel Surabaya






Keberadaan media dakwah sangat berperan aktif untuk menjalankan roda perputaran teknologi yang mengarah kepada pendidikan islam yang modern dan kreatif. Oleh karena itu kita harus dapat memproteksi diri agar kemajuan teknologi tak memberikan efek yang kurang baik bagi setiap manusia, melainkan membawa hal yang lebih baik dalam konteks pendidikan islam modern. Tentunya kita dapat ketahui hadirnya pendidikan islam yang modern dapat  membawa manusia yang berprioritas pada pendidikan islam yang alami dan membawa rahmatan lil aalamin bagi setiap manusia. Hal inilah yang mempelopori bahwa tugas manusia di bumi sebagai khalifah akan selalu memperbaiki bumi dengan segala kemampuan yang di milikinya dengan maksimal. Salah satunya dengan potensi-potensi yang ada pada manusia seperti:
1.       akal manusia
2.       panca indra manusia
3.       hati manusia

nah, karena hal itulah manusia yang dapat memproklamirkan potensi-potensi luar biasa yang dapat memajukan peradaban manusia. Dengan menggunakan segala potensi yang telah dicapai manusia melalui teknologi canggih seperti: laptop,hp, televisi, internet dan kemajuan lainya. Dengan demikian manusia belajar dengan efisien melalui media dakwah dengan teknologi canggih yang dapat dilakukan manusia islam yang modern untuk mempelajari segala ilmu pengetahuan. Maka sudah seharusnya media dakwah dan pendidikan islam harus berjalan seimbang dengan perkembangan zaman yang berkelanjutan yakni proses pendidikan islam modern akan selalu mengiringi dan menanamkan nilai-nilai yang terdapat dalam al-quran. Secara universal manusia akan mengunakan alat-alat penyampaian dakwah yang terarah menuju kepada insan yang memiliki pendidikan dalam semua bidang ilmu.
Dalam fungsi pendidikan akan jelas ada pengaruh antara metode dakwah dan pendidikan islam modern, yang saling menentukan satu dengan yang lain yakni: “jika pendidikan modern yang di peroleh seseorang bagus maka akan membawakan media dakwah yang profesianal tinggi.tentu hal ini yang sangat diperlukan untuk mengkombinasi antara media dakwah dan pendidikan supaya kolerasinya membawa manfaat yang menghasilkan manusia islam yang modern dan mampu menjawab tantangan jaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar